PROSES PENYEMBUHAN KUCING SAKIT PROLAPSUS ANI

Hi! It's been more than a year! Kali ini gue mau sharing cerita yang semoga bermanfaat juga. Ini pengalaman yang serem, sedih, nakutin, dan negangin. WHAT?? Ini tentang cerita kucing gue, namanya Grey (biar gemesin kayak Christian Grey, loh?) yang muncul benjolan merah besar di *maaf pantatnya itu, ternyata dia kena Prolapsus Ani. Buat yang sekarang lagi mengalami masa – masa begini dengan kucingnya, yuk mari mending baca pengalaman gue.

Nah, dulu gue punya kucing Persia Peaknose betina, namanya Reba. Karena waktu itu gue sibuk banget dan takut gak keurus, akhirnya Reba gue kasih ke temen gue. Sekitar setahun kemudian, gue tau kalo Reba punya anak banyak, akhirnya gue boleh minta satu anaknya, itulah si Grey, kucing Persia usia 4 bulan. Gue jemput dia tuh hari Rabu, sengaja ambil cuti buat ambil si Grey, sweet yah gue hehe. Btw ini foto Grey waktu pertama sampe rumah.

(foto Grey waktu awal sampe rumah)

Karna besoknya gue masih kerja, gue gak sempet bawa dia ke Pet Shop buat mandi, vaksin, periksa, dll. Dan pas gue bawa dia pulang, sama temen gue dikasih makanan yang biasa dia makan sebelumnya, dikasihlah Whiskas Junior. Grey tuh ternyata manja banget! Gue kemana dia ikut, gue duduk dia nyamperin, gue selonjoran kaki gue dimainin, lucu deh! I loved him already.

Tapi, pas Minggu sorenya, gue ngerasa ada yang aneh, pantatnya agak bejendul, tapi gue kira yaa biasa aja karna dia mungkin stress adaptasi, dulu ibunya, si Reba juga sempet sakit biasa pas pertama gue rawat. Yaudah dong gue anggep biasa aja. Seninnya nyokap gue bilang kalo si Grey makin bejendul, tapi gaada yang bisa anter Grey ke dokter, dan gue pas itu juga pulang malem. Akhirnya baru dibawa sama orang rumah ke dokter pas hari Selasa. Nyokap sama adek gue ke dokter mana mana dan dibilang kalo Grey sakit Prolapsus Ani. Itu semacam jaringan usus yang keluar gitu, mungkin kalo manusia lebih ke ambeien kali yaa. Tapi gue gak sempet foto waktu dia sakit lagi parah parahnya, udah gak tega bahkan gue buat liatnya, hiks :"

Gue panik, gue sebelumnya gapernah pelihara kitten gitu, mana lagi tanggal tua. Akhirnya nyokap gue nyariin dokter yang paling murah biaya operasinya, karna waktu itu disuruh operasi. Nyokap gue sempet ke dokter A, tempat si Reba dulu biasa gue bawa periksa, tapi mahal banget, 700 rebay belum sama obat. Oke nyokap langsung melipir ke tempat lain, setelah nyari nyari dapetlah dokter Z yang harganya 500 rebay udah sama obat.

Yaudah dong secara itu kan klinik dokter dan gue duitnya pas pasan yaa gue operasi Grey di dokter itu. Pasca operasi, ternyata gue liat tuh si Grey bulu ekornya habis kena cukur gitu, trus ternyata masih ada benjolan cuma gak merah lagi. Gue telfon tuh dokternya, kata dia gapapa kalo kayak gitu, minumin obatnya aja ntar juga kempes. Dia bilang begitu. Yaudah dong tiap hari gue ikutin saran itu dokter, gue minumin Grey obat dan vitamin pake pipet tetes, dia juga gaboleh pake pasir. Setiap hari gue bersihin *maaf pantatnya karena dia belum bisa pup sempurna dan bersih kan. Udah gitu ternyata setelah operasi pas check up gue harus bayar lagi buat dokter, vitamin, dan other medicines, totalnya 300an, jadi gue udah habis 800 ribuan belum sama makanan recoverynya. Nih foto Grey setelah dioperasi, masih ada benjolan gitu.

 (foto hasil cukur bulu ekor pasca operasi)

 (benjolan yang masih ada pasca operasi)

(view dari belakang benjolan pasca operasi)

Day by day akhirnya tiba waktunya si Grey check up kan. Gue disuruh nunggu di bawah. Pas gue bawa pulang, dia masih di kandang portable nya itu, gue serahin sama orang rumah karena gue harus kerja. Ternyata dong dia berdarah banyak banget, orang rumah panik, gue apalagi. Gue telfon dokternya, dia selalu bilang gapapa. Gue ngerasa makin insecure sama itu dokter. Ditambah nih yaa, dia kan tau kalo gue pake kerudung, bukannya gimana yaa tapi masa dia kasih makanan Science Diet yang ada babinya dan dia bilang itu makanan harus masuk ke kulkas. Why not royal canin aja?? Karna biasanya kalo kucing sakit gue kasih royal canin beres. Pas gue cek dan ternyata mengandung babi, kulkas langsung dibersihin. So, kalo emang pilih makanan kucing, please baca dulu yaa ingredients nya, kecuali buat kamu yang emang gak concern ke situ.

Singkat cerita, gue ala ala niat ngobatin Grey sendiri. Berhubung nyokap gue bisnis Herbalife (bukan promosi), ada 1 produk Herbalife namanya Aloe, yang bisa diminum dan dijadiin obat luar. Gue tetesin Aloe di kapas dan gue taro di lukanya Grey, gue minumin juga ke dia, Alhamdulillah sekitar seminggu langsung kempes, tanpa gue minumin obat sama sekali. Di sekitar minggu ke-4, gue bawa Grey ke dokter A yang biasa gue datengin buat periksa Reba dulu buat check up. Dokternya bilang harusnya dulu sebelum ada tindakan operasi, harus dicoba pencet dan masukin ke dalem dulu benjolannya, kalo gabisa baru dioperasi. Tapi Alhamdulillah Grey dinyatakan sembuh dari Prolapsus Ani. Seneng banget gue rasanya, kayak gue berhasil jadi Ibu yang baik wkwk. Seminggu kemudian, baru deh Grey gue mandiin. Dan setelah itu dia bisa keliling rumah gue dengan bebasnya, karena waktu sakit dia diisolasi di satu ruangan aja, gaboleh keliling. Ini diaaaaaa foto Grey ku yang gemay setelah sembuh dan mandi.

(foto Grey sudah sembuh dan diriku)

(foto Grey lagi keliling sudah sembuh)

So, buat kamu yang lagi ngalamin hewan peliharaan kamu kena Prolapsus Ani, saran dari gue sih:
- Coba masukin benjolannya dulu sendiri.
      - Kalo gabisa langsung datengin klinik yang trusted, bukan embel embel murahnya aja,
-     - Ikutin semua step dan saran yang dilakuin dokternya.
      - Trus, kalo mau yang herbal, kalian bisa beli Herbalife Aloe kayak yang gue kasih Grey selama ini.


Kalian juga bisa contact gue kalo mau tanya apapun via email alfitaintanputripd@gmail.com. Semoga hewan peliharaan kalian sehat selalu yaaaaw^^

Comments

  1. Mba.. perbandingan obat hervalifenya gmn ya? Kucingku jg lg ngalamin prolaps setelah melahirkan. Maaf masih awam mengenai kucing jg

    ReplyDelete
  2. Mba ... kucingku juga begituuu 😭 sediiihhhhhh , harus gmna ya mbaa 😭

    ReplyDelete
  3. Mba, aku kemarin sore nemu kucing dengan kondisi begini sekarang lagi di tangani sama dokter hewan. Penanganan dan perawatan pasca operasi itu apa aja? Saya harus gimana? Saya gak pernah pelihara kucing, tapi juga nggak tega kalau dibiarkan.

    ReplyDelete
  4. Ini gmn mb soalnya kucing sy jg begitu udh dimasukin trs dijahit tp ttp kesakitan klo pup.bs g klo pke minyak vco

    ReplyDelete
  5. Ini gmn mb soalnya kucing sy jg begitu udh dimasukin trs dijahit tp ttp kesakitan klo pup.bs g klo pke minyak vco

    ReplyDelete
  6. Mbak itu cara pake Herbalife gimana ya?

    ReplyDelete
  7. mba kucing ku kok anusnya kaya keluar terus merah, apakah itu prolaps? udah agak gede benjol nya. ngga tega liatnya, itu udah parah bngt blum ya?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts