PROSES SELEKSI ELP SINARMAS

hai!
kali ini gue mau berbagi informasi soal SELECTION PROCESS di PT. SMART, Tbk. Especially di sektor Agribusiness and Food dan Management Trainee Program juga, Perusahaan ini nyebutnya ELP Sinarmas. Karena mereka lebih ke sektor marketing dan salesnya aja. Oh iya, pengalaman kali ini gue share berdasarkan proses seleksi dari Campus Hiring yaa, SMART cuma ngadain campus hiring di campus gue doang kayaknya, yg lokasinya di daerah Cikarang Barat. So, here we go!

TAHAP 1: DOCUMENTS SUBMISSION
Tahap awal dari semua proses seleksi, yap! Document Submission. Selama persiapan proses submit document kalian dan isi formulir, kalian bakalan dengerin presentasi dan sesi tanya jawab sama beberapa Manager dari Sinarmas. Kalian harus lampirin CV kalian dan juga isi formulir pendaftaran ELP Sinarmas ini. Masukin ke amplop coklat (udah disediain lohh) dan .. yaudah tunggu aja sampe tahapan selanjutnya, di tahap ini, semua yg submit dokumennya lolos hehee

TAHAP 2: PSIKOTES
Tahap ini waktu itu dilakuin setelah istirahat gitu, trus gue sama candidate lainnya harus ikut psikotes ini, ada yg hitungan, gambar, analogi, yaa gitu deh kayak psikotes pada umumnya, trus beberapa tes ada yang pake waktu. Setiap masing masing tes yang udah selesai, langsung dikoreksi sama HR nya, jadi langsung ketauan lulus apa engganya buat tahap psikotes ini.

TAHAP 3: HR INTERVIEW
Setelah psikotes, kayak yg gue bilang sebelumnya, langsung diumumin gitu, dari sekitar 50-70 orang yang ikut psikotes, yang lulus sekitar 10-15 orang aja, alhamdulillah waktu itu gue termasuk di 10-15 orang itu hehe.. Nah langsung disuruh nunggu di luar ruangan karena pihak SMART lagi arrange buat HR interview, yaa pas giliran gue interview yaaa ditanyain hal hal pada umumnya, karna dimanapun itu setau gue, kalo interview HR yaa gak jauh jauh dari nanya soal kuliah, kegiatan jaman kuliah, hobi, strength and weakness, dll.

TAHAP 4: LGD
Next step adalah..... LGD
gak kayak LGD yang gue bayangin sih, setau gue kan LGD itu pake bahasa inggris, like what i've said before in CCA post, disini semua proses LGD nya pake bahasa indonesia, dan semua langsung group discussion, gaada individual assessmentnya. Tapi so far semua well arranged kok, proses pun berjalan lancar. DAN ALHAMDULILLAH LOLOS LAGI aye ayeee.. pokoknya menurut yang banyak gue baca di blog, LGD itu kuncinya aktif tapi jangan mendominasi, gaboleh keliatan egois dan merendahkan orang lain :)

TAHAP 5: HR MANAGER INTERVIEW
Nah, HR Manager Interview ini dilakuin sehari setelah proses LGD berlangsung, harusnya sih bisa sehari bareng LGD cuma HR Managernya waktu itu lagi gak available. Okay, so... yaa kalo HR Manager interview itu lebih degdegan tapi lebih easy going dan kadang menjebak. Yap! gue terjebak wkwk ada beberapa pertanyaan yang seharusnya bukan begitu cara gue menjawabnya, intinya gue terlalu jujur sama apa yg selama ini gue kerjakan hahaha. It means, proses seleksi gue berakhir di tahap HR Manager Interview. Ada beberapa hal yg mengindikasi, gue diinterview cuma 5 menit, temen temen gue yg lolos diinterview bisa 15 menit dan mereka dikasih kayak study case gitu, jadi someday kalian lagi interview SMART bareng HR Manager dan gadapet study case yaaa.... itu pertanda you'd better find another job vacancy:p

TAHAP 6: USER/ BOD INTERVIEW

TAHAP 7: MCU

Nah, itu semua tahap - tahap di SMART buat posisi ELP Sinarmas. Goodluck buat kalian semuanya yang mau coba tes di SMART atau tes tes pekerjaan semacamnya :) Mohon maaf kalo ada content atau kata kata yg kurang berkenan :) 

Comments

  1. Mau tanya, waktu interview HR, pake bahasa inggris atau bahasa indonesia?
    Thank you sebelumnya :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts