PROSES SELEKSI GTP COCA COLA AMATIL

hi!
case kali ini menuju ke pengalaman pertama gue mencari pekerjaan. Yap! My 1st trial was in Coca Cola Amatil. Bulan Maret 2016 gue coba apply Graduate Trainee Program (GTP Coca Cola). Kalo gasalah waktu itu Batch 14. Gue coba lah peruntungan gue di CCA via GTP dan gue apply Supply Chain division. Then... here we go to selection process.

TAHAP 1: DOCUMENTS
Kayak general selection steps aja, tahap pertama pasti seleksi dokumen yang udah dikirim atau disubmit ke CCA. Seinget gue waktu itu cuma submit Form GTP CCA aja, mungkin sama CV juga, gue lupa sih.

TAHAP 2: LGD (Leaderless Group Discussion)
Nah kalo misalnya dokumen yang disubmit itu meets requirements dari GTP CCA ini kalian pasti diundang buat dateng ke tahap LGD. Waktu itu cuma selang 2 mingguan lah setelah gue submit form GTP nya. Gue diundang buat dateng ke kantornya CCA. Lokasinya di Pondok Indah, sedangkan gue rumah di Bekasi. Gue udah berangkat jam setengah 7, gue nyetir sendiri kesana dan sampe sana gue telat 10 menit wkwkw. Alhasil yaaa pintunya udah ditutup dan gue disuruh balik ke rumah. Sedih hiks.

Taunya beberapa hari kemudian ada email lagi masuk buat undangan LGD lagi di lokasi yang sama minggu depannya. Gue berangkat jam setengah 6 dari Bekasi dan sampe sana bisa jam setengah 8. Alhamdulillah. Udah tuh, LGD nya berjalan kan, pokoknya ada beberapa kursi dan meja, yaa isi aja sesuka lo gitu, gak diatur mengenai kursinya. All LGD process was held in English. Kalian gak diizinkan satu patah katapun buat ngomong in Bahasa. Yaa alhamdulillah peraturan ini gak memberatkan gue sama sekali karna untungnya kampus gue English speaking University hehe (pamer dikit).

Trus, pas LGD kalian bakalan dikasih kasus yg harus kalian selesain, case pertama kalian selesain individu, case kedua kalian selesain secara kelompok. INGET YA! Since this is the LGD process, means no one becomes a leader in a group. Semua kedudukannya sama, gaboleh ada yang belagak ngatur jalannya diskusi. So, below are the tips:
- Aktif, kalian harus aktif bicara dalam kelompok tapi harus yang nyambung dan bersisi
- Jangan mendominasi, kasih waktu buat kandidat lain buat nyampein pendapatnya juga
- Jangan egois, kalian gaboleh egois buat kekeuh pendapat kalian yg diterima, that discussions are for. Gak selalu jawaban kalian harus jadi solusi terbaik, tapi cara kalian buat terima pendapat orang lain itu yang penting.
- Inisiatif, please deh tawarin diri kalian jadi notulen atau mind mapper. Itu bakalan jadi nilai plus, karna kalian akan terlihat selalu menyimak dan ngikutin jalannya proses diskusi.

Nah, habis proses LGD selesai, semua candidates harus keluar ruangan, yaa nunggu sekitar 10 menit lebih laah buat diumumin siapa aja yg lolos LGD dan lanjut ke tahap selanjutnya.

TAHAP 3: GAT (Psikotes)
Alhamdulillah LGD gue lolos. Lanjut deh ke GAT, gue gatau kepanjangannya apa, kayaknya General A....... Test. Pokoknya intinya itu tuh psikotes deh. Yaaa dari LGD yg jumlahnya 40 orang, berkurang jadi 29 orang yang ikut GAT itu. GAT nya pake bahasa Indonesia kok hehe. GAT dilaksanain sekitar 1 jam. Setelah itu, semua orang disuruh keluar ruangan lagi.Trus nunggu deh sekitar 1 jam lebih buat diumumin, tapi alhamdulillah yak dikasih makan siang. Lumayan gue dapet HokBen gratis hehe.

TAHAP 4: HR INTERVIEW
Alhamdulillah GAT nya gue juga lolos, nah HR interview ini diadainnya gak dalam 1 hari karna jumlah kandidat yg banyak jadi harus dibagi beberapa hari. Kita bakalan disuruh nunggu buat jadwal interviewnya, harus mantengin HP sama email. 2 hari setelah GAT gue dapet telfon dari CCA, tapi sayang sekali bung, gue gak angkat telfonnya sampe missed call 5 kali. Tapi minggu depannya mereka nelfon lagi, tapi bukan buat kasih tau jadwal interview, melainkan buat tawarin gue pindah divisi karna Supply Chain lagi butuh dari jurusan lain. Gue sempet bilang oke dan gue disuruh nunggu lagi deh, katanya seminggu lagi buat dikabarin jadwal interview.

dan bulan pun berlalu, gue udah nunggu 1 bulan lebih buat jadwal interview, but there was no news at all. akhinya gue coba contact HR nya via email buat nanya kejelasan prosesnya. there is nothing wrong by following the process up, kata seminar seminar kerja yg gue datengin. HRnya bilang proses masih berlanjut, tapi you know what???? Seminggu kemudian gue dapet email dikabarin kalo proses seleksinya diberhentiin. DIBERHENTIIN GITU AJA GUYS! gue bahkan belum sempet tes berikutnya buat menuju kegagalan. Gue digagalkan begitu saja dengan alasan proses seleksinya dihentikan, padahal email terakhir pun menyatakan gue sudah lulus tahap seleksi hiks. Tapi mereka masih buka GTP buat batch berikutnya loh. HAHAHA agak sakit hati sih diputus gitu aja prosesnya. Tapi yasudahlaah, berarti bukan rejeki gue kerja di CCA. Dijadikan pelajaran saja hehehe

Selanjutnya gue kasih beberapa tahap selanjutnya yang harus dilaluin, tapi gue gabisa cerita lengkap karna gue gapunya pengalaman di tahap selanjutnya hehe

TAHAP 5: USER INTERVIEW

TAHAP 6: BOD/ GM INTERVIEW

TAHAP 7: MEDICAL CHECK UP

So, itu semua beberapa tahapan seleksi GTP Coca Cola yang gue tau, semoga share cerita gue bermanfaat buat kalian yang lagi apply GTP Coca Cola. Maaf yaa kalau ada tahapan selanjutnya yang salah karna gue belum sempet ngalamin tahap 4 dan berikutnya, dan maaf kalau ada kata kata yang kurang berkenan. Good Luck!

Comments

  1. permisi kak, mau nanya dong, untuk soal psikotest nya sperti apa ya? ada tes koran, atau gambar gitu? atau perhitungan? terima kasih, hv a nice day

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts