PROSES SELEKSI EPSON

Hi! So, hari ini gue bakalan share pengalaman selection steps gue di Epson sekitar bulan Juni lalu. Singkat cerita, gue apply Epson dari Job Fair di Balai Kartini... dan hp gue pun hilang dicopet disitu hiks (oke lupakan soal HP). So, below are the selection process of Epson based on my experience :)
1. DOCUMENT SELECTION
yap! ini tahap paling awal dan akan selalu dilakukan, kalian harus submit CV dan dokumen lain yang kalian punya biar para interviewer tahu kalian cocok apa engga sama qualifications. kenapa harus dari dokumen??? ya masa dari cerita orang wkwk. Karna waktu itu gue apply dari Job Fair, gue harus melampirkan formulir yang disediain sama pihak panitianya.

2. HR INTERVIEW
di tempat yang sama, pas job fair, gue langsung diinterview sama HR nya, ya biasalaah interview nanya soal pengalaman, kegiatan kampus (since gue masih fresh grad), trus aktivitas, strength weakness, dll. Trus mereka bilang akan dikabarin sekitar seminggu lah dr setelah HR interview ini. HR interview ada 2 jenis, ada yang one on one which means kalian cuma berdua aja pas interview antara interviewee dan interviewernya, lebih enak sih menurut gue, ada juga yang diinterview bareng sama candidate lain, yaa kalian harus a bit tricky and smart sih, tunjukin kelebihan kalian, tapi jangan sombong dan over :)

3. USER INTERVIEW
selanjutnya akan dipanggil buat USER INTERVIEW di lokasi Epson nya langsung, waktu itu gue disuruh ke Cikarang. kalo interview user sih lebih ke arah jobdesc dan hal hal yang terkait sama pekerjaan kalian nantinya. Di dalam interview user ini juga kalian bisa juga diminta untuk interview one on one atau barengan sama candidate lainnya.

4. GM INTERVIEW
selanjutnya, di hari yang sama dengan user interview, bakalan ada GM interview buat kamu kamu yang lolos, semoga lolos yaw! nah enaknya, kita sempet dapet makan siang pas sebelum GM interview wkwkw mayaan...

nah unfortunately, disini gue fail hehee, menurut introspeksi gue adalah, gue fail karena:
- gue tidak bisa berbahasa jepang, baik writing or speaking, sedangkan candidate yg lolos ternyata bisa dan menampilkan kebolehannya berbahasa jepang, ya you know lah Epson kan perusahaan jepang :)
- gue sempet bilang juga gue suka banget makan, dan mungkin mereka kurang suka dengan hal itu karena takut gue akan makan di saat kerja, perusahaan jepang tidak akan mengizinkan karyawan makan disaat kerja karna menjunjung tinggi asas kebersihan, ketertiban, dll

tapi gapapa, yaa at least gue sudah mengetahui kesalahan gue apa hehehe, nah tahap selanjutnya gue dikasih tau sama temen gue yang lolos...

5. PSIKOTEST

6. MCU (Medical Check Up)

so, goodluck buat kamu yang bakalan tes di Epson, seluruh proses interview dilakukan with both Bahasa Indonesia and English :) Goodluck! Semoga share gue yang ini bisa bermanfaat dan maaf kalo ada kata - kata yang kurang berkenan :)

Comments

Popular Posts